<p>jasa konsultan keuangan surabaya,konsultan software akuntansi surabaya,JASA KONSULTAN PAJAK SURABAYA,konsultan bisnis surabaya, konsultan sistem surabaya,jasa konsultan zahir accounting,accurate accounting,bee accounting,POS kasir,Konsultan J

Dalam perusahaan, laporan keuangan menjadi salah satu hal yang harus dimiliki. Bahkan, ada kalanya perusahaan menyewa jasakeuangan atau accounting agar pencatatan keuangan tidak meleset. Bayangkan bila ada salah satu transaksi yang tidak sesuai atau salah, tentu transaksi selanjutnya akan bermasalah sehingga peran sebuah laporan keuangan sangatlah penting dalam sebuah perusahaan. Berikut kami jabarkan kenapa laporan keuangan itu penting.

 

1. Mengetahui pendapatan dan pengeluaran perusahaan

Dengan adanya laporan keuangan, Anda dapat mengetahui jumlah pendapatan yang diterima dan pengeluaran yang ditransaksikan. Pendapatan akan diperoleh dari setiap transaksi yang dilakukan. Misal, Anda mempunyai sebuah toko, dari satu produk ke produk lainnya tentu memiliki nilai tambah dalam mendapat keuntungan.

 

2. Membantu merencanakan perkembangan perusahaan

Laporan keuangan perusahaan juga berfungsi untuk membantu merencanakan perkembangan perusahaan. Misal, perusahaan anda telah memiliki banyak keuntungan dari beberapa periode yang berjalan, dalam hal ini keuangan yang bagus dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan perusahaan dengan membuka cabang baru. Tentu, modal untuk membuat bangunan sampai memenuhi isi daripada perusahaan tersebut harus dipenuhi.

 

3. Memudahkan memberi informasi kepada investor

Laporan keuangan juga sangat berguna untuk memberi informasi kepada pihak investor dalam mengetahui berapa keuntungan dan kerugian yang didapat oleh perusahaan dari modal yang dia tanam. Jika keuangannya bagus, rapi, jelas, dan akurat bukan tidak mungkin investor akan percaya dan berencana untuk mengembangkan perusahaan menjadi lebih maju.

 

4.Mengevaluasi pendapatan per periode

Mengevaluasi pendapatan yang diperoleh per periode tertentu juga cukup membantu dengan adanya laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan perusahaan akan memperlihatkan ketika perusahaan mengalami peningkatan atau penurunan dalam periode tertentu, entah itu per bulan atau per tahun. Cara ini juga dapat mengetahui apa yang menyebabkan keuangan perusahaan naik atau turun, apakah karena kinerja karyawan yang baik atau tidak, fasilitas  yang kurang memadai, atau promosi kurang menarik. Melalui hal ini, keuangan perusahaan yang tadinya miris dapat dipulihkan kembali dengan cara meniru efektivitas kerja yang dapat membuat perusahaan memperoleh keuntungan besar.

 

5. Menghindarkan dari kebangkrutan

Dengan adanya laporan keuangan perusahaan juga dapat menghindarkan dari kebangkrutan. Benarkah? Tentu, karena dengan mengatur, mengelola, dan menggunakan keuangan perusahaan dengan bijak besar kemungkinan keuangan bisa aman. Bayangkan bila lebih besar pasak daripada tiang atau pengeluaran lebih besar dibandingkan pendapatan tentu perusahaan akan gulung tikar dalam waktu dekat.