Pengertian & Fungsi Akuntansi Perpajakan

akuntansi perpajakan

Pengertian Akuntansi Perpajakan – Dalam menjalankan sebuah perusahaan, proses akuntansi menjadi sangat penting di dalamnya. Ternyata, bidang akuntansi juga memiliki beberapa cabang yang perlu kita telusuri secara terpisah, salah satunya adalah akuntansi pajak. Jadi apa yang perlu kita ketahui dari akuntansi pajak ini? Berikut sedikit ulasannya.

Memahami Akuntansi Pajak

Pada dasarnya akuntansi adalah ilmu tentang dunia keuangan yang memiliki banyak cabang ilmu. Salah satu pengetahuan penting yang wajib diketahui wajib pajak adalah tentang akuntansi pajak. Dengan memiliki pengetahuan akuntansi pajak, wajib pajak dapat melakukan perhitungan pajak dengan lebih akurat.

Secara umum akuntansi pajak adalah kegiatan pencatatan keuangan yang dilakukan oleh badan usaha atau lembaga untuk menentukan besarnya pajak yang harus mereka bayar. Dalam dunia perpajakan, istilah akuntansi lebih tepat disebut sebagai proses pembukuan. Namun karena ada sistem perpajakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, mau tidak mau suatu lembaga harus menggunakan sistem akuntansi ini.

Pastikan Anda mempercayakan administrasi perpajakan pada perusahaan terpercaya, satu diantaranya adalah ISB Consultant. Kami merupakan jasa konsultan pajak terkemuka dengan tim konsultan profesional dan bersertifikasi, memastikan perusahaan Anda unsur legalitasnya tanpa terkena resiko penalty.

Klasifikasi Akuntansi Pajak

Dalam sistem perpajakan juga terdapat klasifikasi yang mereka lakukan untuk mengetahui jenis pajak yang harus mereka bayar. Klasifikasi ini juga perlu diketahui oleh perusahaan atau lembaga untuk mengetahui jenis pajak yang harus mereka bayar. Klasifikasi ini meliputi:

Pajak Langsung

Yang pertama adalah pajak langsung. Besarnya pajak ini biasanya didasarkan pada besarnya pendapatan atau kekayaan yang dimiliki perusahaan. Pemerintah telah mengatur besarnya pajak yang dikenakan oleh undang-undang. Untuk sistem pembayaran, wajib pajak harus melakukannya sendiri dan tidak dapat diwakilkan.

Pajak Tidak Langsung

Berbeda dengan pajak langsung, pajak tidak langsung adalah pajak yang dibayarkan lembaga ketika terjadi transaksi keuangan. Misalnya saat Anda sedang dalam proses berbelanja kebutuhan operasional di sebuah pusat perbelanjaan. Harga yang kita dapat nanti sudah termasuk pajak, jadi kita tidak lagi bayar pajak ke pemerintah.

pengertian fungsi akuntansi perpajakan
all2business.pl

Fungsi Akuntansi Pajak

Pada dasarnya fungsi akuntansi pajak adalah untuk mengetahui besarnya pajak yang harus kita bayar sebagai wajib pajak. Selain itu, akuntansi pajak juga memiliki fungsi lain yang tetap penting. Fungsi lain tersebut antara lain:Kita dapat menggunakan akuntansi pajak sebagai dokumentasi pajak tahunan. Dokumentasi ini nantinya dapat digunakan sebagai pembanding riwayat keuangan perusahaan.

Baca juga:  Cara Mengurus Surat Setoran Pajak yang Hilang dengan Benar

Kita juga dapat menggunakan akuntansi pajak sebagai laporan keuangan resmi. Laporan ini dapat kita gunakan untuk bahan presentasi saat bertemu dengan investor atau kegiatan lainnya.Kami juga dapat menggunakan laporan akuntansi pajak untuk analisis masa depan. Nanti kita bisa mengetahui berapa pajak yang harus kita bayar di kemudian hari

Dalam mengolah laporan pajak ini, kita perlu melakukannya secara detail mengingat pentingnya laporan akuntansi pajak ini. Dengan laporan yang detail nantinya hasil analisa yang kita dapatkan juga akan lebih nyata.

Historis

Prinsip pertama adalah sejarah. Dalam melakukan pencatatan keuangan kita harus melakukannya secara nyata atau sesuai dengan kenyataan untuk pembiayaan barang atau aset.

Persatuan

Perusahaan adalah suatu kesatuan ekonomi yang keberadaannya tidak dapat digabungkan dengan bentuk atau kepemilikan lain dari perusahaan yang tidak mempunyai hak di dalamnya.

Pengungkapan Penuh

Dalam menjalankan aktivitas keuangan, kita harus menyajikan secara detail dan informatif agar mendapatkan hasil yang akurat. Jika kita benar-benar membutuhkannya, kita dapat menambahkan catatan kaki atau lampiran yang berfungsi sebagai referensi.

Akuntansi Bebas Pajak

Agar kita dapat menjalankan proses akuntansi pajak dengan lebih mudah, kita dapat memanfaatkan media internet saat ini. Untuk praktek langsung bisa kita temui di sistem cloud accounting. Cloud accounting sendiri merupakan sistem manajemen akuntansi yang memanfaatkan dan memaksimalkan media internet sebagai basis utamanya.

Dengan menggunakan metode cloud accounting, proses pengelolaan keuangan dalam suatu bisnis atau perusahaan akan menjadi lebih mudah.Berbagai keuntungan kami dapatkan seperti keamanan data lebih terjamin, input data lebih sinkron, akses pengguna tidak terbatas pada satu orang.