Cara Mendapatkan Nomor EFIN Online untuk Lapor SPT Tahunan via HP

Dalam era digitalisasi yang semakin berkembang pesat, kemudahan akses dan penggunaan layanan online menjadi sebuah keharusan bagi masyarakat, termasuk dalam hal pelaporan pajak. Salah satu hal yang menjadi perhatian adalah proses mendapatkan Nomor Electronic Filing Identification Number (EFIN) secara online untuk keperluan pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Online. Artikel ini akan membahas secara rinci langkah-langkah mendapatkan Nomor EFIN secara online, mulai dari pengecekan status EFIN, hingga proses aktivasi.

Mengapa Nomor EFIN Penting?

Sebelum membahas langkah-langkah mendapatkan Nomor EFIN secara online, penting untuk memahami mengapa Nomor EFIN memiliki peran yang krusial dalam proses pelaporan pajak. EFIN merupakan identifikasi elektronik berupa 10 digit yang diberikan oleh Ditjen Pajak kepada wajib pajak. Nomor ini bersifat rahasia dan diperlukan dalam beberapa proses, seperti saat wajib pajak lupa kata sandi akun DJP Online atau saat melakukan pelaporan SPT Tahunan.

Baca juga: 3 Jenis Formulir SPT Tahunan untuk Wajib Pajak Pribadi

Langkah 1: Pengecekan Status EFIN Belum Diaktivasi

Langkah pertama dalam mendapatkan Nomor EFIN secara online adalah dengan melakukan pengecekan apakah Nomor EFIN yang dimiliki sudah diaktivasi atau belum. Untuk Nomor EFIN yang belum diaktivasi, wajib pajak dapat melakukan pengecekan melalui email kepada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat pembuatan NPWP. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buat Email Permohonan
    • Buatlah email baru dengan subjek “Permohonan Nomor EFIN”.
    • Isi badan email dengan informasi yang diperlukan, antara lain nomor NPWP, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, alamat rumah, alamat email, dan nomor telepon yang dapat dihubungi.
    • Sertakan juga foto selfie dengan memegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan NPWP untuk verifikasi identitas.

  • Kirim Email
    • Kirim email permohonan ke alamat email KPP tempat wajib pajak terdaftar. Alamat email KPP dapat ditemukan melalui laman resmi www.pajak.go.id/unit-kerja.

  • Proses Verifikasi
    • Petugas akan melakukan verifikasi data yang diberikan oleh wajib pajak dengan database Ditjen Pajak.
    • Jika semua data sesuai, petugas akan membuat dan mengirimkan pemberitahuan Nomor EFIN dalam bentuk PDF melalui email yang telah didaftarkan.

Sebagai konsultan pajak Semarang terpercaya dan berpengalaman, ISB Consultant hadir untuk membantu Anda mengurus laporan SPT tahunan dengan cepat dan tepat. Dengan layanan kami, Anda dapat menghindari kesalahan yang berpotensi merugikan dan memastikan kelayakan pajak yang optimal. Percayakan urusan perpajakan Anda kepada tim profesional kami di ISB Consultant, yang telah terbukti membantu banyak klien di Semarang dan sekitarnya.

Langkah 2: Menghubungi Layanan Kring Pajak

Bagi wajib pajak yang telah mengaktivasi Nomor EFIN, langkah selanjutnya adalah menghubungi layanan Kring Pajak untuk memperoleh Nomor EFIN yang sudah diaktivasi. Berikut langkah-langkahnya:

  • Persiapkan Data
    • Siapkan data-data yang diperlukan, termasuk nomor NPWP, nama, alamat, nomor telepon genggam, dan alamat email yang didaftarkan sebelumnya.
Baca juga:  Pengertian, Fungsi dan Tujuan SPT Tahunan

  • Hubungi Layanan Kring Pajak
    • Wajib pajak dapat menghubungi layanan Kring Pajak melalui saluran telepon 1500200, Twitter (@kring_pajak), atau live chat di situs resmi www.pajak.go.id.
    • Jika menggunakan layanan Twitter, wajib pajak dapat menyebutkan akun yang sekarang digunakan untuk layanan tersebut.

  • Proses Verifikasi dan Pengiriman Nomor EFIN
    • Setelah menghubungi layanan Kring Pajak, wajib pajak akan diminta untuk memberikan data yang telah disiapkan.
    • Petugas akan melakukan verifikasi data dan jika semuanya sesuai, Nomor EFIN akan dikirimkan melalui saluran yang dipilih, seperti pesan langsung (DM) untuk layanan Twitter atau email.

Pentingnya Memahami Proses dan Kewajiban Pajak

Dalam mengurus proses perolehan Nomor EFIN secara online, penting bagi wajib pajak untuk memahami prosedur yang harus diikuti dan kewajiban yang harus dipenuhi. Pelaporan pajak secara tepat waktu dan akurat merupakan tanggung jawab yang harus diemban oleh setiap wajib pajak demi menjaga kepatuhan terhadap peraturan perpajakan.

Baca juga: Sengaja Tidak Lapor SPT Tahunan, Ini Akibatnya

Kesimpulan

Proses mendapatkan Nomor EFIN secara online merupakan langkah penting bagi wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban pelaporan pajak, terutama dalam pelaporan SPT Tahunan. Dengan memahami langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, diharapkan wajib pajak dapat melakukan pelaporan pajak secara lancar dan tepat waktu, sehingga terhindar dari sanksi-sanksi yang mungkin diberikan oleh otoritas perpajakan.