Inspirasi Contoh Usaha Mikro yang Ada di Sekitar Anda

contoh usaha mikro

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, atau lebih dikenal dengan istilah UMKM tengah menjamur di Indonesia. Bahkan, diketahui kalau usaha mikro di Indonesia menjadi salah satu penyumbang PDB yang cukup besar lho! Yakni, mencapai 61,07 persen! Tentunya, hal ini menjadi berita yang membuktikan bahwa usaha mikro tidak bisa disepelekan begitu saja.

Meskipun termasuk jenis usaha kecil, usaha mikro tetap bisa eksis dan bersaing dengan usaha-usaha besar lainnya. Sebab, usaha mikro adalah yang paling memahami apa yang diinginkan oleh masyarakat dalam kebutuhan sehari-harinya. Dapat dikatakan kalau usaha mikrolah yang keberadaannya paling dekat dengan masyarakat saat ini.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa usaha mikro ini ada di sekitar Anda dan tidak sulit menemukannya dimana-mana. Usaha mikro ini benar-benar mencirikan Indonesia sekali. Produk-produknya pun memang diproduksi berdasarkan kebutuhan masyarakat. Nah, berikut contoh usaha mikro yang bisa menjadi inspirasi Anda untuk mendirikan usaha yang serupa.

Usaha Fashion

Salah satu usaha miko kekinian adalah usaha fashion. Anda bisa mendirikan usaha mikro ini yang berisi baju-baju sederhana yang digunakan sehari-hari lho! Contohnya, seperti usaha baju daster, pakaian dalam, celana pendek, batik, baju tidur, dan lain sebagainya. Nah, produk usaha ini tentunya diincar masyarakat karena menjadi kebutuhan sandang utama.

Usaha Jajanan Pasar

Usaha jajanan pasar merupakan yang paling mudah ditemukan dan bahkan Anda mungkin mengonsumsinya setiap pagi sebelum beraktivitas. Nah, usaha yang satu ini bisa saja berupa makanan ataupun minuman. Selain itu, jajanan pasar yang dijual pun biasanya disukai oleh masyarakat karena olahannya sesuai dengan ciri khas masyarakat Indonesia.

Usaha Cetak Undangan

Usaha cetak undangan juga termasuk salah satu jenis usaha mikro yang dapat mendatangkan banyak keuntungan lho! Bahkan, Anda bisa menawarkan desain yang Anda buat sendiri untuk dicetak dan dijual. Nah, biasanya jenis undangan yang ditawarkan adalah undangan pernikahan, undangan syukuran, undangan sunatan, ataupun undangan untuk acara resmi yang lain.

Jika Anda ingin memiliki usaha mikro yang memiliki sertifikasi legalitas, Anda bisa mempercayakan pada ISB Consultant. Kini kami telah membuka kantor cabang sebagai jasa konsultan pajak Yogyakarta yang siap memberikan pelayanan terbaik bersama tim berkompeten untuk lancarkan pengembangan usaha di kawasan istimewa tersebut.

Baca juga:  Pengertian dan Tujuan Restitusi Pajak
usaha mikro camilan
mastahu.online

Usaha Camilan

Nah, jenis usaha camilan ini cukup banyak ada di daerah pedesaan dengan memanfaatkan hasil pertanian warga. Ada beragam jenis camilan yang ditawarkan, seperti keripik singkong, keripik talas, kerupuk kulit sapi, cemilan coklat, dan sejenisnya. Selain itu, camilan-camilan tersebut juga memiliki rasa yang tak kalah lezat dengan camilan yang dijual di toko-toko besar lainnya.

Usaha Bengkel

Ternyata, usaha bengkel yang sering Anda temui di pinggir jalan termasuk salah satu usaha mikro lho! Nah, usaha yang satu ini menawarkan jasa perbaikan untuk Anda yang kendaraannya mengalami kerusakan atau bermasalah. Perlu Anda ketahui kalau usaha bengkel ini biasanya dapat menyelamatkan Anda ketika berada dalam keadaan darurat lho!

Usaha Warung

Usaha warungan juga termasuk usaha mikro yang biasanya dapat Anda temukan di sekitar tempat tinggal. Biasanya yang ditawarkan usaha ini adalah kebutuhan harian, seperti beras, gula, sabun cuci, sabun mandi, minyak goreng, dan yang lainnya. Meskipun saat ini warung bersaing ketat dengan minimarket, nyatanya warung tetap menjadi pilihan masyarakat.

Tentunya, masih ada banyak sekali contoh usaha mikro yang ada di Indonesia saat ini. Nah, Anda bisa mencoba salah satunya seperti contoh di atas. Atau, Anda juga bisa mendirikan usaha mikro Anda sendiri lho apabila memiliki ide menarik lainnya. Selamat mencoba!