Fungsi Manajemen Keuangan dalam Perusahaan

fungsi manajemen keuangan

Fungsi Manajemen Keuangan – Dalam menjalankan bisnis, pengelolaan keuangan yang baik dan sehat tidak bisa ditawar-tawar lagi. Mengingat, kondisi keuangan merupakan landasan bagi sebuah bisnis atau perusahaan untuk bertahan dan juga scale-up.Jika sebuah perusahaan tidak memiliki strategi atau fundamental manajemen keuangan yang baik, tidak hanya kondisi keuangan yang akan berantakan.

 Bahkan perusahaan bisa merugi, bahkan bangkrut. Tentunya hal ini dapat dihindari dengan memiliki manajer keuangan yang berkompeten di bidangnya. Namun, ada beberapa dasar fundamental yang harus dipahami oleh seluruh tim perusahaan dalam memahami kondisi dan laporan keuangan perusahaan.

Fungsi Manajemen Keuangan

Dibawah ini kami paparkan poin-poin mengapa manajemen keuangan sangat dibutuhkan bagi perusahaan. Terlepas untuk perusahaan skala kecil maupun besar, sejatinya manajemen keuangan sangat berperan penting terhadap kemajuan bisnis.

Merencanakan Keuangan Perusahaan

Buatlah perencanaan keuangan yang matang dengan membuat alokasi keuangan perusahaan. Anda bisa memulainya dengan mencatat rencana apa yang akan dibuat kedepannya dan menentukan berapa dana yang dibutuhkan untuk setiap rencana.

Menganggarkan Keuangan Perusahaan

Memaksimalkan penggunaan dana perusahaan. Anggaran dana perusahaan ke dalam proyek yang sedang berlangsung atau yang akan datang, gaji karyawan dan juga tagihan bulanan atau tahunan.

Mengendalikan Keuangan Perusahaan

Evaluasi keuangan perusahaan setiap bulan akan menjaga keuangan tetap terkendali. Anda dapat memperbaiki sistem keuangan perusahaan jika ada yang kurang efektif atau merugikan.

Mencatat Keuangan Perusahaan

Setiap arus kas masuk dan keluar harus dicatat secara rinci. Dengan cara ini, jika sewaktu-waktu perusahaan Anda mengalami masalah keuangan, akar masalahnya dapat ditemukan dengan melihat catatan arus kas.

Pelaporan Keuangan

Laporan keuangan bulanan merupakan langkah transparansi kepada seluruh karyawan perusahaan. Laporan keuangan juga berfungsi untuk memberikan informasi mengenai kondisi keuangan perusahaan, sehingga divisi lain dapat mengantisipasi jika terjadi masalah.

prinsip manajemen keuangan
idntimes.com

Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan

Setelah mempelajari tentang fungsi keuangan, saatnya kita beranjak pada prinsip-prinsip keuangan. Penerapan manajemen keuangan akan lebih baik bila memperhatikan beberapa aspek, diantaranya seperti beberapa prinsip berikut.

Kelangsungan Hidup

Rencanakan keuangan perusahaan dengan matang agar perusahaan tetap berjalan dengan baik. Perusahaan dapat melakukan penelitian sebelum mengambil suatu proyek untuk menentukan apakah proyek ini akan menguntungkan perusahaan atau tidak.

Baca juga:  Pengertian Pajak Bumi dan Bangunan PBB

Konsistensi

Menerapkan atau membuat sistem keuangan untuk meminimalkan kesalahan di masa depan. Perusahaan dapat mengubah sistem keuangannya, tetapi hal utama seperti manajemen arus kas dan laporan keuangan harus dilakukan secara konsisten.

Transparansi

Membuat laporan keuangan perusahaan setiap bulan kepada seluruh karyawan merupakan bentuk transparansi. Pelaporan keuangan perusahaan juga dapat menghindari konflik antar karyawan perusahaan jika terjadi masalah keuangan di kemudian hari.

Standar Akuntansi

Sistem keuangan yang digunakan perusahaan harus mengikuti standar akuntansi dunia, dimana semua akuntan dapat memahami sistem tersebut. Jika terjadi pergantian pengelola keuangan, tidak akan menimbulkan kebingungan dan kesulitan memahami sistem keuangan yang lama.

Integritas

Laporan keuangan harus dibuat secara akurat dan detail tanpa manipulasi data. Hal ini juga dapat memungkinkan manajer keuangan untuk mempertahankan integritas mereka.

Manajemen

Pengelolaan keuangan perusahaan harus dilakukan dengan baik, sesuai dengan rencana. Jika terjadi perubahan di pertengahan tahun, pengelola keuangan dapat memprioritaskan rencana awal sebelum memulai dengan rencana baru.

Akuntabilitas

Melalui pengelolaan keuangan, perolehan dana, digunakan untuk apa dan bagaimana dana tersebut digunakan harus dijelaskan dengan jelas agar semua pihak mengetahui dengan pasti penggunaan uang perusahaan.

Apabila Anda ingin lebih mudah dalam melakukan pengelolaan keuangan terhadap administrasi perpajakan ada baiknya mempercayakan pada konsultan terpercaya yang memiliki staf akuntan bersertifikasi.

cara mengelola keuangan perusahaan
kompas.com

Cara Mengelola Keuangan Perusahaan

Bagi para pemilik perusahaan, mengelola keuangan menjadi tantangan tersendiri untuk mengukur seberapa jauh tingkat kelangsungan perusahaan di masa yang akan datang. Untuk itu, dibutuhkan seorang akuntan handal.

Jika Anda ingin mengetahui bagaimana tekni mengelola keuangan perusahaan, ada baiknya simak tips berikut.

Menjaga Uang Perusahaan

Pastikan uang perusahaan disimpan di bank dengan aman dan tidak mudah diakses oleh karyawan. Hal ini akan meminimalisir penyalahgunaan uang oleh karyawan yang akan berdampak fatal bagi perusahaan.

Mengelola keuangan perusahaan dalam skala kecil atau besar tentu bukan hal yang mudah dilakukan, apalagi karena banyaknya tumpukan pekerjaan yang harus dilakukan, seperti mengawasi bidang investasi perusahaan.

To be continued..