Gagal Lapor SPT Online: Penyebab & Cara Mengatasinya

Setiap wajib pajak yang menetap di Indonesia memiliki kewajiban untuk rutin melaporkan Laporan SPT Online. Kini, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah secara resmi meluncurkan terobosan barunya dalam perihal pelaporan pembayaran pajaknya. Bahkan, saat ini untuk melaporkan pajak bisa dilakukan hanya dengan melalui e-filing pajak saja. 

Penyebab Gagal Lapor SPT Online

Meskipun telah diciptakan sistem untuk memudahkan pelaporan wajib administrasi perpajakan,  namun terkadang terdapat kendala. Salah satunya adalah terjadinya maintenance atau perawatan sistem. Tentunya, hal ini akan mengganggu kenyamanan orang ketika melaporkan SPT Tahunannya.

Solusi Mengatasi Gagal Lapor SPT Online

Lantas, bagaimana langkah untuk mengatasi kendala tersebut? Apabila Anda mengalami kegagalan akses menu e-filing, Anda harus masuk ke halaman DJP Online. Kemudian, segera periksa dengan masukkan nomor telepon Anda. 

Jika sudah Anda isi, ubah nomor telepon Anda dengan awalan kode 62 menjadi 0. Setelah itu, klik “Ubah Profil” dan ubahlah kembali ke awalan kode 62 seperti sebelumnya. Selanjutnya, klik “Ubah Profil” lagi dan coba akses menu e-filing Anda.

Apabila kemudian terjadi kegagalan Registrasi, padahal Anda telah klik “Tautan Aktivasi”, kondisi ini dapat disebabkan koneksi internet yang buruk. Solusinya, lakukan permintaan kirim ulang tautan aktivasi tersebut pada halaman DJP Online. Setelah itu, klik “Kirim Link Aktivasi”.

Kode Verifikasi Salah 

Bila hal ini terjadi, maka Anda harus segera pastikan kalau server code yang tertera pada halaman website DJP Online sudah sama dengan yang ada di email Anda. Lalu, periksa kembali email terbaru dan pastikan server code sama. Nah, jika server code masih berbeda, maka lakukan permintaan untuk kirim ulang kode verifikasi Anda.

Gagal Login dengan Alamat Email

Apabila Anda tidak dapat login dengan alamat email yang telah didaftarkan, cobalah lakukan login dengan nomor telepon Anda. Tentunya, nomor telepon yang sudah Anda daftarkan. Setelah itu, masukkan password Anda dengan benar.

cara mengatasi gagal lapor spt online
cualesmiip.com

Cara Mengatasi Lupa Password 

Bagaimana bila Anda lupa password? Nah, Anda tidak perlu panik bila mengalami kendala tersebut. Solusinya, Anda dapat mencoba dengan menggunakan fitur “Lupa Password” yang ada di halaman DJP Online tersebut. Langkah selanjutnya adalah memeriksa Kelengkapan Dokumen Sebelum Lapor dan harus mengisi Formulir SPT 1770S, seperti berikut:

  • Lampiran I, bagian C, isikan daftar Pemungutan atau Pemotongan PPh yang ditanggung oleh pemerintah. 
  • Lampiran II, bagian B, isikan harta yang masuk pada akhir tahun.
Baca juga:  Penerapan Substance Over Form dalam Pencegahan Penghindaran Pajak

Nantinya, notifikasi error akan muncul bila wajib pajak belum mengisi semua kolom tersebut dengan benar. Selain itu, bila data yang dimasukkan masih belum lengkap juga masih akan kembali muncul notifikasi error tersebut. Apabila nama tidak muncul cobalah hapus Surat Pemberitahuan (SPT) Anda, kemudian logout dan login kembali ke akun Anda.

Kendala ID Billing Tidak Muncul

Apabila Anda telah selesai melengkapi dan menyimpan Surat Setoran Elektronik (SSE), selanjutnya akan muncul berupa halaman PDF ID Billing Anda. Akan tetapi, bila ID Billing Anda tidak juga muncul cobalah untuk mematikan pop-up blocker browser Anda. Nah, setelah dimatikan nantinya akan muncul ID Billing Anda.

Kendala Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) Tidak Muncul

Nah, bila Anda telah selesai melaporkan SPT Online, selanjutnya akan menerima Bukti Penerimaan Elektronik (BPE). Akan tetapi, jika BPE tersebut tak kunjung muncul, cobalah untuk memeriksa menu e-filing Anda. Apabila BPE tersebut sudah muncul, maka pelaporan pajak Anda sudah masuk dan terdaftar.