Manfaat NPWP Bagi Karyawan yang Wajib Diketahui

manfaat npwp untuk karyawan

Konsultan Pajak Gresik – Seorang yang melakukan wajib pajak, tentunya harus mengetahui apa yang dimaksud dengan NPWP. NPWP sendiri harus dimiliki oleh seluruh wajib pajak dan menjadi identitas bagi wajib pajak untuk memudahkan pembayaran pajak. NPWP terbagi atas dua jenis yaitu NPWP perorangan dan badan.

Apa Saja Manfaat NPWP bagi Karyawan?

NPWP memiliki peranan yang sangat penting, sama seperti memiliki KTP sebagai identitas ataupun SIM bagi pengendara kendaraan bermotor. NPWP merupakan identitas bagi wajib pajak, yang diperlukan untuk melaksanakan berbagai macam administrasi pajak.

Tidak hanya itu saja, secara umum NPWP juga memiliki manfaat bagi karyawan sebagai berikut:

Sebagai Pengajuan dan Pembuatan SIUP

NPWP diperlukan dalam pengajuan dan pembuatan SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan. Hal ini merupakan surat izin bagi sebuah badan usaha tertentu yang diterbitkan oleh pemerintah daerah.

Sehingga suatu badan usaha yang tidak memiliki SIUP, maka dianggap sebagai badan usaha ilegal.

Sebagai Syarat Administrasi Bank

Tidak hanya diperuntukkan dalam administrasi perpajakan, namun NPWP juga diperlukan untuk mengurus proses administrasi perbankan. Hal ini karena NPWP merupakan salah satu syarat utama dokumen pendukung ketika mengajukan kredit di Bank. Mulai dari membuat rekening Koran, sampai membuka tabungan.

Sebagai Syarat Pembuatan Paspor

Beberapa orang masih ada yang belum mengetahui bahwa NPWP menjadi syarat dalam pembuatan paspor. Ketika Anda ingin membuat paspor maka harus menggunakan NPWP terlebih dahulu. Hal ini karena termasuk dalam salah satu syarat utama pembuatan paspor.

Dapat Mempermudah Urusan Perpajakan

NPWP juga diperlukan ketika Anda mengurus segala jenis urusan perpajakan. Sehingga Anda bisa lebih mudah ketika mengurus berbagai dokumen perpajakan.

Baca juga:  Manfaat Konsultan Pajak Bagi Freelancer

Hal ini karena NPWP menjadi syarat utama yang diperlukan untuk melaksanakan administrasi perpajakan dan hal lainnya yang berhubungan dengan perpajakan.

benecaid.com

Peran NPWP Bagi Karyawan

Bagi karyawan tentunya memiliki NPWP menjadi sebuah keharusan. Hal ini karena NPWP sangat diperlukan untuk melakukan pemotongan PPh 21 yang biasanya diperoleh oleh karyawan perusahaan.

Konsultan pajak bisa menjadi solusi terbaik untuk semua urusan pajak Anda. Peran NPWP bagi karyawan yang perlu Anda ketahui yaitu:

Mengurangi Pembayaran Pajak

Bagi Anda yang memiliki NPWP, maka beban pajak lebih ringan dibandingkan tidak memiliki NPWP. Jika dilihat dalam pajak penghasilan (PPh), beban pajak yang memiliki NPWP dikenakan sekitar 5%. Sedangkan, wajib pajak yang tidak memiliki NPWP dikenai beban pajak sebesar 20%.

Memudahkan Memantau PPh 21

Bila Anda memiliki NPWP, maka bisa lagi datang ke kantor pajak setempat untuk mengetahui nominal PPh 21 yang harus dibayarkan. Hal ini dilakukan untuk mengecek apakah PPh 21 yang terutang dipotong dan disetorkan oleh pihak perusahaan sebagai pemotong PPh 21.

Selain Anda mengetahui peran NPWP sebagaimana yang ada di atas. Anda juga harus mengetahui kewajiban yang dimiliki sebagai pemegang NPWP.

Dimana wajib pajak yang memiliki NPWP berkewajiban untuk segera melaporkan setoran pajaknya melalui Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan. Walaupun pendapatan yang diperoleh wajib pajak pemegang NPWP dalam setahun berada di bawah ketentuan kena pajak, namun harus tetap melaporkan SPT Tahunan.

Jadi bila Anda mengalami permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan. Sebaiknya, Anda menghubungi konsultasi pajak secara online. Agar Anda mengetahui manfaat NPWP bagi perusahaan dan pembayaran pajak menjadi tidak mahal.