Pajak Bisnis Agensi Periklanan

Pajak Bisnis Agensi Periklanan

Anda ingin memulai bisnis tapi bingung jenis bisnis apa yang akan dijalankan? Bisnis agensi periklanan bisa saja sesuai dengan model bisnis Anda. Bisnis yang satu ini tidak mati. Hampir setiap orang pasti membutuhkan jasa periklanan ketika ingin memasarkan produknya. Untuk memulai bisnis agensi periklanan, hal utama yang harus diperhatikan adalah ide.

Bisnis agensi periklanan memang semakin mendapat perhatian seiring berkembangnya teknologi dan didukung oleh kecepatan internet seiring dengan besarnya pajak bisnis yang harus dibayar. Pola pemasaran kini tidak lagi sebatas pembuatan baliho, brosur, iklan di media televisi dan majalah, tetapi juga menyasar pemasaran digital atau yang dikenal juga dengan online marketing.

Apa itu Agensi Periklanan?

Agensi periklanan Merupakan suatu lembaga usaha yang menyediakan jasa periklanan bagi mereka yang membutuhkannya, baik perorangan, perusahaan yang memproduksi pemasok barang atau jasa bahkan pemerintah. Agensi Periklanan seperti  konsultan pajak Gresik memiliki kapasitas untuk memberikan layanan di tiga bidang, yaitu, konsultasi komunikasi pemasaran, perencanaan media dan layanan pemesanan, dan layanan kreatif.

Sebagai gambaran, dalam proses pembuatan iklan suatu produk, hal pertama yang dilakukan adalah brainstorming. Brainstorming adalah penciptaan metode konsep untuk promosi suatu produk. Brainstorming ini dilakukan untuk memberikan gambaran bahwa produk yang akan dipromosikan lebih baik dan lebih unggul dari produk lainnya.

Berdasarkan ide yang Anda miliki, itu bisa menjadi fondasi kesuksesan dalam bisnis periklanan. Selain mencari ide, Anda juga perlu memperhatikan pangsa pasar yang ingin dibidik. Penghasilan yang biasanya ditemukan di biro iklan dan dapat dikenakan pajak bisnis adalah sebagai berikut:

Daftar Penghasilan yang Dikenakan Pajak Bisnis Agensi Periklanan

Berikut ini telah kami rangkum apa saja agensi periklanan yang dikenakan pajak bisnis, diantaranya:

Retainer

Biasanya biaya retainer dilakukan setelah tercapai kesepakatan dengan klien atau pihak terkait. Biaya retainer biasanya tergantung pada jangka waktu yang disepakati oleh pihak biro iklan dan klien sehingga dapat ditentukan dalam bentuk bulanan atau tahunan.

Komisi

Bentuk kompensasi tradisional yang dibayarkan oleh klien atau pihak yang memesan layanan dengan kesepakatan bersama. Besaran komisi biasanya berdasarkan persentase ketika produk atau jasa berhasil dipasarkan, meskipun besaran komisi masih dapat dinegosiasikan oleh kedua belah pihak.

Fee

Fee atau bisa juga disebut pendapatan internal lainnya yang meliputi pekerjaan saat membuat produk atau jasa yang ditawarkan seperti konsep kreatif atau biaya lain yang dilakukan oleh tenaga kerja instansi tersebut.

agensi periklanan
leanbooks.pl

Cara Memulai Bisnis Agensi Periklanan

Sebelum membahas pajak bisnis agensi periklanan, ada baiknya Anda mengetahui cara memulai bisnis ini terlebih dahulu. Ada berbagai macam bisnis periklanan ini, tergantung minat dan modal yang dimiliki. Jika modalnya hanya sedikit, maka Anda bisa memulai bisnis periklanan dengan menjual produk-produk sederhana terlebih dahulu, seperti mug, spanduk, dan stiker.

Baca juga:  Penerapan Pajak Cabang Perusahaan

Untuk memasarkan produk Anda, Anda bisa menggunakan bantuan internet. Bisnis periklanan online ternyata lebih mudah bagi pemula yang ingin terjun ke bisnis agensi periklanan ini. Jika Anda dapat membuat blog pribadi, itu akan lebih baik.

Selain itu, Anda juga dapat bekerja sama dengan pengelola iklan Google Adsense atau Adsensecamp. Dengan bekerja sama dengan bisnis periklanan, otomatis Anda bisa mendapatkan iklan yang bisa langsung muncul di blog Anda. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan suatu pundi-pundi rupiah sedikit demi sedikit.

Menarik bukan? Selain internet, ada beberapa media lain yang patut Anda coba, seperti media elektronik, media cetak, dan media sosial. Sedangkan untuk perusahaan besar, Anda akan diminta menjadi pihak ketiga karena biasanya mereka sudah memiliki bidang pemasaran masing-masing untuk menunjang kebutuhan internal perusahaan.

Bila Anda yang saat ini ingin dipermudah bagaimana cara melakukan penghitungan dan berbagai persyarat untuk mengurus pajak bisnis agensi periklanan di Jogja, Anda bisa berkunjung ke halaman https://isbconsultant.com/konsultan-pajak-yogyakarta/ untuk mengetahui informasi selengkapnya seputar layanan administrasi perpajakan yang kami sediakan.