Peran Jasa Konsultan Pajak bagi UMKM

peran jasa konsultan pajak bagi umkm

UMKM adalah satu bidang usaha yang kini menjadi ujung tombak perekonomian Indonesia Hal ini disebabkan karena UMKM dianggap bisa membawa dampak besar terhadap perekonomian negara sehingga pemerintah menetapkan kebijakan pajak secara khusus bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah. 

Pelaku UMKM yang masih minim pengetahuan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan pajak perlu pendampingan khusus supaya hak dan kewajibannya dapat berjalan dengan baik. Di bawah ini kami rangkum beberapa peran jasa konsultan pajak bagi UMKM, salah satunya adalah membantu mereka mengatasi permasalahan perpajakan.

Sebagai Perantara

Peran jasa konsultan pajak bagi UMKM yang pertama adalah sebagai perantara, yaitu agen yang mengurus proses pemenuhan wajib pajak para pelaku bisnis UMKM. Sebagai perantara antara Anda sebagai pelaku UMKM dengan otoritas pajak maka konsultan pajak akan melaksanakan berbagai tugas penting mulai menyusun laporan penyetoran pajak, meminimalisir hal-hal yang tidak seharusnya terjadi saat pelaporan pajak dan lainnya. 

Mengurus Administrasi Perpajakan

Kebanyakan para pelaku UMKM hanya fokus pada pengembangan bisnisnya saja. Saat bisnis sudah mulai berkembang maka kebanyakan dari mereka pun kesulitan untuk mengurus administrasi perpajakannya. Oleh sebab itu peran konsultan pajak bagi UMKM yang berikutnya adalah membantu mereka dalam mengurus administrasi perpajakan. 

Konsultan bisa membantu pemilik bisnis UMKM yang akan mendirikan usaha dengan cara memberikan masukan-masukan yang terkait dengan EFIN, NPWP dan lain sebagainya. Konsultan pajak juga akan membantu pelaku UMKM yang minim tentang pengetahuan pajak menjadi lebih paham dan taat bayar pajak. 

Efisiensi Waktu

Para pelaku bisnis UMKM kebanyakan tidak ingin dipusingkan dengan urusan perpajakan agar mereka bisa fokus mengembangkan bisnis. Dengan memanfaatkan jasa konsultan maka Anda bisa menghemat waktu dan tidak dipusingkan lagi untuk mengurus urus urusan perpajakan seperti SPT tahunan, mengoreksi fiskal ataupun membuat estimasi pajak yang perlu dibayar. 

Membantu Mencari Keadilan

Untuk pelaku bisnis UMKM yang tengah mengalami masalah terutama dalam hal perpajakan maka bisa menggunakan bantuan konsultan pajak. Konsultan pajak bisa memberi bantuan pada Anda mulai dari mengajukan keberatan pada Direktorat Jenderal Pajak, mengajukan banding pada Pengadilan Pajak hingga peninjauan kembali ke Mahkamah Agung. 

Mewakili Wajib Pajak

Para pelaku bisnis UMKM yang akan melaksanakan wajib pajak bisa diwakilkan oleh jasa konsultan pajak. Oleh sebab itu konsultan pajak bisa mengambil alih peran yang seharusnya milik wajib pajak saat diperlukan. 

Tidak dapat dipungkiri jika peran konsultan pajak Jogja sangat dibutuhkan bagi para UMKM yang berada di daerah tersebut. Pastikan Anda memilih jasa konsultan terpercayam salah satunya adalah ISB Consultant.

Baca juga:  Pengusaha Harus Tahu! Ini Risiko Sanksi Pajak dan Larangan Menerbitkan Faktur
konsultan pajak umkm
flokq.com

Keuntungan Menggunakan Jasa Konsultan Pajak

Bagi Anda yang belum tahu keuntungan apa saja yang dapat diperoleh dengan memanfaatkan jasa konsultan pajak berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  1. Meminimalisir resiko yang mungkin terjadi saat akan melaksanakan wajib pajak
  2. Mengurangi beban pajak usaha sehingga UMKM yang Anda jalankan bisa lebih fokus untuk mengembangkan bisnis
  3. Efisien dari segi waktu karena tidak ada kesalahan yang kadang terjadi sehingga menghambat kinerja bisnis
  4. Usaha UMKM yang dijalankan tidak lagi terbebani dengan urusan administratif perpajakan ketika akan membuat laporan sampai dengan proses pelaporannya
  5. Konsultan yang sudah ahli dan profesional dalam mengurus segala perpajakan mampu menghindarkan Anda dari sanksi pajak karena semuanya telah disusun sedemikian rupa agar sesuai dengan aturan yang ada
  6. Pelaku bisnis UMKM yang sedang terkena masalah yang berhubungan dengan pajak bisa segera selesai dengan cepat tanpa harus menyita waktu dan pikiran
  7. Karena urusan pajak telah dipercayakan pada ahlinya Anda sebagai pelaku UMKM tidak perlu lagi terbebani dengan masalah pajak