Perbedaan e-SPT Masa PPN dan e-SPT Masa PPh

spt pajak tahunan

Surat Pemberitahuan Elektronik atau e-SPT dibuat untuk melaporkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penghasilan (PPh) dan dilaporkan setiap Masa Pajak atau setiap bulan (e SPT Masa). Seiring dengan perkembangan teknologi, Direktorat Jenderal Pajak telah mengembangkan pelayanan perpajakan, salah satunya pelaporan pajak berupa SPT elektronik atau e SPT, baik e-SPT Masa PPN maupun e-SPT Masa PPh.

Lalu, apa perbedaan surat pemberitahuan elektronik Masa PPN dengan e-SPT Masa PPh? Kami akan merangkumnya untuk Anda. Meski keduanya merupakan SPT elektronik, namun e-SPT Masa PPN dan e-SPT Masa PPh jauh berbeda. Perbedaan keduanya tidak hanya pada bentuk formulirnya saja, tetapi juga pada fitur aplikasi perpajakan yang digunakan untuk membuat formulir SPT Berkala. Bahkan objek pajak PPN dan PPh jelas sangat berbeda. Mau tahu perbedaan keduanya, simak terus ulasannya di bawah ini.

Perbedaan antara e-SPT Masa PPN dan PPh

Berbicara tentang e-SPT, kali ini kita tidak akan membahas aplikasi e-SPT yang sebelumnya digunakan untuk membuat SPT, karena e-SPT DJP sudah tidak digunakan lagi. Sebaliknya, laporkan SPT melalui e-Filing atau e-Form DJP dan aplikasi yang disediakan oleh PJAP, mitra resmi DJP.

Pembahasan surat pemberitahuan elektronik saat ini lebih ditekankan pada bentuk formulir pelaporan pajak itu sendiri yaitu Surat Pemberitahuan Pajak Elektronik (e-SPT Pajak). Sebagaimana disebutkan di atas, selain jenis objek pajak yang berbeda, produksinya juga tidak sama. Jika pemberitahuan elektronik Masa PPN dilakukan melalui aplikasi e-Faktur, sedangkan e-SPT Masa PPh dilakukan melalui e-Filing atau e-Bupot Unification tergantung jenis PPh yang akan dilaporkan.

Perbedaan selanjutnya adalah jika PPN e SPT Berkala merupakan surat pemberitahuan elektronik atas transaksi Barang/Jasa Kena Pajak yaitu PPN dan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah). Sedangkan e-SPT Masa PPh adalah surat pemberitahuan secara elektronik dalam rangka pemungutan/pemotongan atau pembayaran Pajak Penghasilan (PPh).

cara membuat spt masa ppn
finance-investissement.com

Cara Membuat SPT Masa PPN

Pembuatan Surat Pemberitahuan Masa PPN merupakan rangkaian proses pelaporan SPT PPN. e-SPT Masa PPN ini dibuat melalui aplikasi e-Faktur dengan mengisi formulir SPT Masa PPN Excel 1111 terbaru setelah dilakukan rekonsiliasi pajak atas laporan SPT PPN. Formulir ini secara khusus dipergunakan untuk SPT Masa PPN.

Baca juga:  Inilah Beberapa Penyebab Gagal Lapor SPT Online Dan Solusi Mengatasinya

Pengembangan aplikasi e-Faktur dilatarbelakangi oleh suatu kondisi penggunaan Faktur Pajak manual yang banyak disalahgunakan oleh oknum PKP yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, karena beban administrasi yang cukup besar, baik bagi PKP sebagai Wajib Pajak maupun DJP.

Oleh karena itu, tujuan dikembangkannya aplikasi e-Faktur ini adalah untuk menghilangkan penyalahgunaan Faktur Pajak fiktif dan untuk memudahkan administrasi Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Selain digunakan untuk membuat Faktur Pajak elektronik, e-Faktur juga dapat digunakan untuk membuat e-SPT PPN yang digunakan untuk melaporkan SPT Berkala PPN & PPnBM terutang.

e-SPT PPN atau e-Faktur juga berfungsi untuk mengkredit Pajak Masukan setelah proses pembayaran PPN jatuh tempo. Khusus untuk pembayaran PPN yang terutang harus menggunakan Formulir Excel SPT Masa PPN 1107. Pemungut yang menggunakan formulir ini adalah bendahara pemerintah pusat, daerah, desa, dan instansi yang ditunjuk sebagai pemungut PPN.

Jika Anda ingin dibantu lebih mudah dalam pembuatan SPT Masa PPN di Yogyakarta, ada baiknya Anda segera mempercayakan pada ISBConsultant yang melayani jasa konsultan pajak di area Yogyakarta dan sekitarnya, kunjungi https://isbconsultant.com/konsultan-pajak-yogyakarta/ untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Cara Membuat e-SPT Masa PPh

Berbeda dengan e-SPT Masa PPN, e-SPT Masa PPh dilakukan melalui e-Filing untuk PPh 21 dan Penyatuan e-Bupot untuk jenis PPh lainnya seperti pelaporan PPh 26. Buat SPT masa periode secara elektronik di e-Filing dan e- Penyatuan Bupot. Tidak hanya mudah membuat Surat Pemberitahuan Masa Pajak secara elektronik, Anda juga dapat membuat Formulir e-SPT Tahunan Perusahaan 1771 dengan mudah.