Pengertian Reformasi Perpajakan (Tax Reform) & Tujuannya

reformasi pajak

Tax reform ialah istilah yang ada di bidang perpajakan. Pengertian reformasi perpajakan (tax reform) adalah perubahan dari peraturan pajak yang berlaku di Indonesia secara signifikan. Adanya reformasi ini diciptakan agar pembayaran pajak menjadi lebih terstruktur di Indonesia.

Pengertian Reformasi Perpajakan (Tax Reform) 

Seperti yang sudah dijelaskan, tax reform ialah sebuah perubahan sistem perpajakan yang signifikan serta komprehensif. Cakupan dari perubahan sistem ini mulai dari pembenahan administrasi perpajakan, perbaikan regulasi pajak, dan lain sebagainya. 

Tax reform menjadi sebuah kegiatan yang dilakukan untuk memperbarui aturan dan hukum perpajakan yang lama agar bisa lebih sesuai dengan kondisi negara dan rakyat. Pajak ini memiliki aspek penting yang harus diperhatikan dengan baik. Negara bisa menjadi lebih mandiri jika sistem pajaknya berjalan dengan semestinya. 

pengertian tujuan tax reform
data.nalog.ru

Tujuan Tax Reform 

Setelah mengetahui pengertian reformasi perpajakan (tax reform), tentu Anda juga perlu mengetahui tujuan dari adanya hal ini. Reformasi pajak ini memiliki setidaknya 3 tujuan utama yang ingin dicapai, yaitu sebagai berikut:

Menambah Tingkat Kepatuhan Pajak 

Masalah pajak yang terus bertambah dari waktu ke waktu tentu menjadi PR pemerintah untuk mengatasinya secepat mungkin. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu membuat reformasi perpajakan. Diharapkan dengan menyesuaikan sistem pajak dengan kondisi masyarakat dan negara, maka kasus pelanggaran ini akan berkurang.

Memberikan Kenyamanan Pada WP & DJP 

Selain meningkatkan tingkat kepatuhan pajak, reformasi ini juga bertujuan untuk mengintegrasikan teknologi dalam sistem administrasi pajak. Kemajuan teknologi tentu berpengaruh terhadap beragam sektor termasuk perekonomian dan perpajakan negara. 

Wajib pajak akan merasa lebih mudah untuk memenuhi kewajiban pajaknya apabila sistem administrasi sudah menggunakan teknologi yang ada. Bahkan Direktorat Jenderal Pajak juga akan terbantu sehingga pekerjaan menjadi lebih ringan dan mudah tentunya. 

Seperti diketahui, kemajuan teknologi di era digital akan memberikan kemudahan dalam mencari tahu informasi perpajakan yang dibutuhkan. Bahkan hingga memenuhi kewajiban pajak dengan lebih mudah dan praktis. Sementara dari pihak DJP akan lebih mudah dalam mengurus segala administrasi sehingga lebih rapi dan terorganisir dengan baik.

Meng-update Sistem Pajak 

Sistem pajak perlu di update sesuai dengan isu terkini sehingga diperlukan reformasi pajak. Setiap tahun tentu akan terjadi perubahan dan hal baru yang muncul di tengah masyarakat global. Tentu sudah menjadi tugas pemerintah untuk menyesuaikan sistem perekonomian dan perpajakan negara dengan kondisi dan isu paling baru. 

Baca juga:  Inspirasi Contoh Usaha Mikro yang Ada di Sekitar Anda

Tidak hanya memberikan kenyamanan terhadap wajib pajak dan pihak Direktorat Jenderal Pajak, namun juga untuk menyesuaikan aturan dan hukum pajak. Ini bertujuan agar negara bisa memiliki sistem perpajakan yang lebih baik dari sebelumnya. 

Sistem pajak yang baik tentu akan memberikan pengaruh besar terhadap perekonomian dan kesejahteraan rakyat. Bahkan besar kemungkinan apabila negara memiliki sistem pajak yang baik dan berjalan lancar, akan berdampak pada perkembangan yang cepat untuk menjadi negara yang lebih maju. 

Sistem pajak harus selalu diupdate agar bisa sesuai dengan isu terkini. Dengan demikian baik rakyat maupun pemerintah akan sama-sama diuntungkan dengan sistem pajak tersebut. Di samping itu, sistem yang selalu di update juga akan selalu mengikuti perkembangan zaman. 

Pengertian reformasi perpajakan (tax reform) adalah sebuah perubahan sistem perpajakan yang signifikan serta komprehensif. Cakupannya mulai dari pembenahan administrasi perpajakan, perbaikan regulasi, dan lain sebagainya. Dalam prakteknya, tax reform ini memiliki tujuan yang cukup penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.