Tarif Pajak Usaha & Cara Menghitungnya

tarif pajak usaha

Pajak penghasilan usaha adalah pajak badan atau badan hukum lainnya yang dihitung atas penghasilan selama satu tahun. Pajak usaha adalah pajak yang dikenakan kepada badan-badan usaha seperti perseroan terbatas (PT), perseroan terbatas (CV), perusahaan lain, badan usaha milik negara (BUMN) atau badan usaha milik daerah (BUMD) dengan nama apapun dan dengan nama apapun. membentuk.

Selain itu, pajak penghasilan usaha dapat dikenakan kepada perusahaan yang berbentuk firma, usaha patungan, koperasi, dana pensiun, persekutuan, perkumpulan, yayasan, ormas, organisasi sosial politik, atau organisasi sejenis, lembaga, bentuk usaha tetap, dan lain-lain. bentuk-bentuk entitas.

Tarif Pajak Usaha dan Cara Menghitungnya

Berapa tarif pajak penghasilan badan usaha? Ketika Anda menanyakan ini, jawabannya terletak pada: UU No. 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan, Bertindak. 36 Tahun 2008 tentang Perubahan Keempat Atas UU No. 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan dan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013 tentang Pajak Penghasilan Atas Penghasilan dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak Dengan Peredaran Bruto Tertentu.

Ada tiga klasifikasi tarif yang berlaku untuk badan usaha dengan penghasilan bruto yang berbeda. Yang pertama untuk badan usaha yang penghasilan bruto (peredaran bruto) di bawah Rp. 4,8 miliar. Kedua untuk badan usaha yang penghasilan bruto atau (peredaran bruto) di atas Rp. 4,8 miliar dan kurang dari Rp. 50 miliar. Ketiga, untuk badan usaha yang penghasilan brutonya lebih dari Rp50 miliar.

Jadi, ada tiga macam tarif pajak; besarnya tergantung seberapa besar ‘pendapatan kotor’ badan usaha anda. Jika pendapatan kotor atau ‘pendapatan kotor’ bisnis Anda di bawah Rp. 4,8 miliar, tarif pajak adalah 1 persen (1%) dari peredaran bruto.

Jika ‘penghasilan bruto’ di atas Rp4,8 miliar dan kurang dari Rp 50 miliar, tarif pajaknya adalah {0,25 – (0,6 miliar/Penghasilan Bruto)} dikalikan Penghasilan Kena Pajak (PKP). Jika ‘penghasilan kotor’ di atas Rp50 miliar, maka tarif pajaknya adalah 25% dari penghasilan kena pajak.

Baca juga:  Pajak Penghasilan Pasal 25: Pengertian, Perhitungan, dan Klasifikasi

Sebelum Anda menentukan besaran pajak badan usaha Anda, Anda perlu memahami apa yang dimaksud dengan penghasilan kena pajak atau bisa Anda konsultasikan pada ISBConsultant. Menurut UU Pajak Penghasilan, UU No. 36 Tahun 2008, Penghasilan Kena Pajak adalah ‘penghasilan bruto’ dikurangi biaya-biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh penghasilan bruto suatu badan usaha.

Dengan kata lain, penghasilan kena pajak adalah penghasilan bruto dikurangi biaya-biaya yang dikeluarkan. Pendapatan kotor adalah semua hasil dari penjualan produk dan layanan Anda termasuk bunga yang diperoleh dari bank atau apa pun yang merupakan pendapatan.

cara menghitung tarif pajak usaha
worldindustrynews.com

Sedangkan biaya adalah semua biaya yang Anda keluarkan untuk menghasilkan pendapatan kotor Anda. Ini termasuk gaji karyawan Anda, sewa gedung, telepon, internet, listrik, dan juga biaya untuk layanan yang Anda gunakan dari pihak lain. Segala sesuatu yang termasuk biaya termasuk dalam biaya.

Ketika Anda mengurangi pengeluaran dari penghasilan kotor Anda – itulah Penghasilan Kena Pajak Anda. Setelah Anda mendapatkan angka penghasilan kena pajak ini, maka Anda bisa menghitung berapa pajak perusahaan bisnis Anda. Anda menggunakan tarif hebat yang saya sebutkan di atas.

Cara Menghitung Pajak Badan Usaha

Cara penghitungan pajak penghasilan orang pribadi sebagai pengusaha yang berasal dari gaji untuk usahanya dihitung berdasarkan aturan umum pajak penghasilan yang berlaku bagi pegawai pada umumnya, yaitu:

  • Pajak Penghasilan dari Gaji = Penghasilan Bruto – PTKP x Tarif Pajak

Sedangkan cara menghitung pajak penghasilan orang pribadi sebagai pengusaha yang diperoleh dari penghasilan lain adalah:

  • PPh dari Penghasilan Lain = Penghasilan Bruto – PTKP x Tarif Pajak
  • Penghasilan Neto = Penghasilan Bruto x Persentase Norma Penghitungan Penghasilan Neto (NPPN)

Bagi Anda yang ingin dibantu menghitung tarif pajak perusahaan secara tepat dan akurat, silakan Anda berkunjung ke halaman https://isbconsultant.com/konsultan-pajak-yogyakarta/ untuk mendapatkan informasi selengkapnya dari pelayanan kami. Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan customer service kami.