Tips Perencanaan Pajak Perusahaan

perencanaan pajak

Perencanaan Pajak atau Tax Planning adalah suatu cara untuk meminimalisir beban pajak dengan tidak melanggar undang-undang perpajakan. Umumnya, perencanaan pajak merujuk pada proses transaksi wajib pajak tersebut. Hal ini tentunya supaya hutang pajak yang ditanggung berada dalam jumlah minimal serta tidak melanggar peraturan pajak.

Nah, ada baiknya mempersiapkan perencanaan pajak perusahaan Anda mulai dari sekarang untuk menghadapi musim pajak berikutnya. Sebab, seringkali perusahaan mengalami kewalahan saat menghadapi musim pajak karena masalah pencatatan keuangan yang tidak teratur. Oleh sebab itu, persiapkan sedari awal supaya tidak mempersulit diri Anda kedepannya.

Tips Mempersiapkan Perencanaan Pajak untuk Perusahaan

Di bawah ini ada bisa mempelajari bagaimana cara mempersiapkan perencanaan pajak perusahaan secara baik dan benar. Pastikan alur keuangan perusahaan Anda terkendali agar rancangan perencanaan pajak Anda tidak terganggu.

Pisahkan Keuangan Bisnis dengan Keuangan Pribadi

Ketika merencanakan pajak secara profesional, Anda harus bisa memisahkan antara keuangan bisnis dan keuangan pribadi Anda. Selain itu, akun bisnis dan pribadi yang terpisah secara otomatis juga akan memisahkan aliran kas Anda. Dengan begitu, pencatatan akan mudah dan perhitungan pajak juga akan menjadi lebih jelas lagi.

Nah, tentunya jika Anda memiliki akun bersama antara bisnis dan pribadi justru akan mempersulit Anda. Terlebih, saat Anda akan membuat laporan keuangan. Selain itu, juga akan memengaruhi hasil akhir pajak yang harus Anda bayarkan. Jadi, sebaiknya Anda pisahkan antara keuangan bisnis dengan keuangan pribadi Anda.

Belajar dari Pengalaman Bayar Pajak Terdahulu

Tak ada salahnya belajar dari pengalaman pembayaran pajak sebelumnya agar bisa membantu Anda mengoptimalkan pembayaran pajak tahun berikutnya. Caranya yaitu dengan kumpulkan dan evaluasi setiap pemasukan dan pengeluaran Anda selama 6 bulan. Lalu, bandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya dan antisipasi segala kendala yang pernah dihadapi sebelumnya.

Update Pembukuan Secara Berkala

Nah, jika Anda ingin perencanaan pajak lebih baik di tahun depan, mulailah menilai arus kas dan kelola pembukuan Anda lebih teratur lagi. Lakukan evaluasi pembukuan sesering mungkin bila perlu. Hindari untuk menunda-nunda karena bisa saja Anda akan melewatkan banyak detail yang seharusnya terlibat dalam perhitungan Anda.

Baca juga:  Jenis Pajak Penghasilan Perusahaan & Badan Usaha

Jika bisa lakukan pembukuan secara berkala. Sebab, hal ini akan membantu meringankan perhitungan Anda daripada ketika mengerjakan mendekati waktu pembayaran pajak. Pastikan tetap menjaga keakuratan dan ketelitian pembukuan Anda ya.

Jika Anda masih awam dalam merencanakan pajak, ada baiknya Anda mempercayakan pada profesional yakni ISB Consultant. Kini kami juga telah hadir sebagai konsultan pajak Gresik yang siap bantu Anda menyelesaikan administrasi pajak dengan dibantu tim ahli dan kompeten.

tax planning perencanaan pajak
data.nalog.ru

Hindari Melewatkan Kesempatan Potongan Pajak

Seperti yang diketahui potongan pajak sangat berguna untuk mengurangi beban pajak yang harus dibayarkan nantinya. Untuk mendapatkan potongan pajak yakni kumpulkan dan catat seluruh pengeluaran Anda selama 16 bulan terakhir sampai waktu pembayaran selanjutnya. Simpanlah segala bukti transaksi terutama pembelian yang dikenai pajak di dalamnya.

Cicil Pembukuan Anda Mulai dari Sekarang

Arsipkan seluruh riwayat pendapatan dan pengeluaran perusahaan ke dalam jurnal secara teratur dan terperinci. Sebab, pengarsipan yang rapi dan teratur akan membantu Anda menyusun laporan dengan lebih baik dan mudah. Selain itu, hal ini berguna untuk menghindarkan Anda dari audit atas pengajuan perencanaan pajak perusahaan selanjutnya.

Nah, sudah paham kan dengan tips mempersiapkan perencanaan pajak untuk perusahaan? Dengan memahami tips-tips tersebut akan memberi kemudahan dalam menyusun pembayaran pajak Anda. Ikuti beberapa tips di atas untuk membantu Anda dalam mempersiapkan pembayaran pajak perusahaan di tahun depan ya. 

Nah, catatan penting yang perlu Anda ingat dalam perencanaan pajak, yaitu tidak melanggar ketentuan pajak, masuk akal, dan sertakan bukti pendukung lainnya. Tentunya, dengan perencanaan pajak yang baik, bisnis Anda akan semakin tertata dan semakin sukses kedepannya. Selamat mencoba!