Manajemen Aset: Pengertian, Fungsi & Tujuan

manajemen aset

Manajemen Aset  – Pengertian manajemen aset adalah proses pengambilan keputusan dan penggunaan serta pendistribusiannya atas dasar aset yang dimiliki. Seringkali kita mendengar bahwa aset adalah barang atau sesuatu yang memiliki nilai berharga, baik di waktu dekat maupun di masa depan.

Dalam artikel ini, telah kami sajikan pengerian manajemen aset menurut para ahli yang juga dilengkapi dengan fungsi dan tujuan manajemen aset.

Pengertian Manajemen Aset Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen Aset menurut pendapat para ahli Untuk lebih memahami apa itu manajemen aset, kita bisa simak pendapat para ahli berikut ini:

Gima Sugiama

Gima Sugiama (2013) berpendapat bahwa, manajemen aset adalah ilmu dan seni yang memandu manajemen aset dan proses perencanaan aset, pengadaan, tinjauan hukum, penilaian, operasi, pemeliharaan, inventaris, penggantian atau pelepasan, serta alokasi aset yang efektif dan transfer aset yang efisien. .

Dolli D. Siregar

Dolli D. Siregar (2004), manajemen aset adalah profesi atau keterampilan yang belum sepenuhnya berkembang atau populer di kalangan pemerintah, unit kerja atau lembaga.

Kaganova dan McKellar

Menurut Kaganova dan McKellar, manajemen adalah proses pengambilan keputusan dan implementasinya sesuai dengan perolehan, penggunaan, dan distribusi aset tersebut.

Danylo dan Lamer

Menurut Danylo dan Lamer (1999), manajemen aset adalah metode untuk distribusi sumber daya yang efisien dan adil antara tujuan yang valid dan kompetitif.Departemen Perhubungan Amerika Serikat Manajemen aset adalah proses sistematis untuk pelestarian, pembaruan, dan operasi ekonomi aset fisik.

pengertian fungsi tujuan manajemen aset
welex.es

Tujuan Manajemen Aset

Secara umum tujuan manajemen adalah untuk dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan yang tepat sehingga aset dapat dikelola secara efektif dan efisien. Beberapa tujuannya adalah sebagai berikut:

  • Untuk memastikan status kepemilikan suatu aset.
  • Inventaris aset dan umur aset.
  • Pertahankan aset tetap tinggi dan umur panjang.
  • Meminimalkan biaya selama umur aset.
  • Untuk memastikan bahwa suatu aset dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal.
  • Untuk alasan keselamatan.
  • Sebagai acuan akuntansi dalam akuntansi

Jika Anda ingin lebih mudah dalam mengelola administrasi perusahaan, ada baiknya Anda bekerjasama pada perusahaan konsultan pajak ISB Consultant, sehingga Anda akan lebih efektif dan fokus pada aktivitas bisnis Anda.

Baca juga:  Cara Hitung Tax Amnesty Jilid 2, Mulai 1 Januari 2022

Fungsi Manajemen Aset 

Aset dalam akuntansi adalah aset yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau badan. Setiap perusahaan, misalnya, setidaknya harus memiliki satu aset tetap, yaitu tanah atau bangunan untuk melakukan produksi, meskipun tanah atau bangunan tersebut disewakan.

Aset ini merupakan bagian terpenting dari perusahaan yang harus dikelola dengan baik. Oleh karena itu, manajemen aset menjadi poin penting dalam manajemen. Berikut ini adalah beberapa poin yang menunjukkan fungsi dan urgensi dari wealth management dalam sebuah perusahaan.