Mengenal Pajak Mobil Listrik di Indonesia

pajak mobil listrik

Kemunculan mobil listrik di Indonesia menjadi salah satu inovasi teknologi yang kian hari kian banyak peminatnya. Meskipun untuk harga mobil listrik di Indonesia terbilang mahal tidak menurunkan kepopuleran mobil listrik di kalangan masyarakat milenial. Adapun besaran pajak mobil listrik di Indonesia tergolong murah dibandingkan dengan kendaraan konvensional.

Meningkatnya tren mobil listrik di kalangan masyarakat milenial, membuat pemerintah mengeluarkan peraturan pajak untuk mobil listrik. Hal inilah yang membuat pemerintah akhirnya memberlakukan suatu aturan untuk insentif PPnBM, dimana perhitungannya disesuaikan dengan kadar emisi mobil roda empat.

Aturan yang berkaitan dengan pajak mobil listrik tersebut sudah ada dalam peraturan PP Nomor 74 Tahun 2021, PP ini mengatur pajak penjualan PPnBM mobil listrik dengan dibebankan tarif sekitar 15 persen dari dasar pengenaan pajak sebesar 0 persen.

Tarif Pajak Mobil Listrik

Pada peraturan pemerintah yang terbaru, yaitu PP Nomor 73 Tahun 2019 yang mengatur tentang pajak untuk mobil listrik, isinya adalah sebagai berikut;

Pasal 17

Pasal 17 ini mengatur pajak mewah yang berbentuk kendaraan bermotor, dibebankan PPB atau pajak penjualan barang mewah dengan kisaran tarif sekitar 15 persen.

Kendaraan tersebut berupa kendaraan bermotor, dengan kapasitas 10 orang sampai dengan 15 orang termasuk juga pengemudi motor listrik di dalamnya, dan juga termasuk penggerak utamanya yang menggunakan daya listrik baik dari baterai atau dari tempat penyimpanan energi yang lain.

Pasal 24

Sedangkan pasal 24 mengatur pajak mobil listrik yakni yang berisi untuk kelompok barang kena pajak dan juga tergolong mewah.

Dibebankan pajak barang mewah sekitar 10 persen ini untuk kendaraan bermotor, dimana kendaraan listrik ini mempunyai kabin ganda. Selain itu juga penggerak utamanya baik menggunakan listrik ataupun dari pembangkkit listrik lainnya.

Pasal 36

Selanjutnya tertuang dalam pasal 36 untuk besaran pajak mobil listrik dengan tarif 15 persen, tarik ini didasarkan pada dasar pengenaan pajak bernilai 0 persen dari harga jual.

Baca juga:  Manajemen Aset: Pengertian, Fungsi & Tujuan

Besaran pajak tersebut ialah untuk kendaraan listrik yang menggunakan teknologi plug in hybrid electric vehicles atau battery electric vehicles, konsumsi bahan bakarnya sendiri sama atau setara dengan 28 km lebih dalam per liternya.

Dalam pasal ini juga mengatur pajak pembelian untuk mobil hybrid atau mobil dengan teknologi modern yang lain.

Mempercayakan akuntan pajak dari ISB Consultant sebagai konsultan perpajakan terpercaya adalah langkah solutif bila Anda ingin memastikan segalanya berjalan aman tanpa terkena resiko penalty.

mobil listrik
toiimg.com

Pajak Mobil Listrik Lebih Murah Daripada Mobil Konvensional

Pajak mobil listrik di Indonesia tergolong lebih murah dibandingkan dengan mobil konvensional salah satunya karena insentif bea balik nama kendaraan bermotor untuk jenis kendaraan mobil pertama yakni 0%.

Oleh karena itu, biaya tersebut sudah dipotong 10 persen dari NJKB. Inilah yang menjadikan pajak mobil listrik lebih murah dari mobil yang berbahan bakar solar dan bensin.
Sebagai contoh untuk kebijakan pajak mobil listrik yang ada di Jakarta, PKBnya hanya 30 persen dari besar biaya seharusnya.

Keuntungan Mobil Listrik

Selain pajak lebih murah, inilah beberapa keuntungan menggunakan mobil listrik di Indonesia

  • Terbebas dari aturan ganjil genap plat nomor kendaraan
  • Selain mendapat insentif PPnBM, mobil listrik juga dibebaskan dari aturan lalu lintas ganjil genap plat nomor kendaraan. Anda bisa bebas berpergian kemanapun tanpa takut kena tilang atau sanksi.
  • Bebas untuk pajak balik nama mobil
  • Keuntungan lain menggunakan mobil listrik adalah insentif bebas pajak untuk balik nama kendaraan. Hal ini berlaku di beberapa daerah.
  • Ramah lingkungan
  • Kadar emisi kendaraan yang menggunakan tenaga listrik tergolong rendah, sehingga mobil listrik menjadi salah satu kendaraan yang ramah lingkungan.

Selain pajak murah karena mendapat insentif PPnBM dari pemerintah, mobil listrik juga memiliki banyak keunggulan ya.