Inilah Beberapa Penyebab Gagal Lapor SPT Online Dan Solusi Mengatasinya

penyebab gagal lapor spt online

Pelaporan SPT Online sudah menjadi kewajiban yang harus ditaati untuk setiap wajib pajak yang ada di Indonesia. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) secara resmi sudah meluncurkan terobosan baru untuk lapor pajak secara mudah hanya dengan melalui e-filing pajak. 

Sistem perpajakan online memang semakin memberikan kemudahan untuk semua wajib pajak. Apalagi dalam proses memenuhi kewajiban administrasi perpajakan.  Walaupun sudah menggunakan e-filing, namun terkadang sistem lapor pajak banyak mengalami maintenance, sehingga mengganggu kenyamanan orang pada saat melaporkan SPT Tahunan. 

Penyebab Gagal Lapor SPT Online & Solusi Mengatasinya

Jika Anda mengalami kegagalan dalam mengakses menu e-filing dan harus berada halaman DJP Online, maka segera periksa kembali dengan memasukkan Nomor Telepon di Profil Anda. 

Apabila sudah terisi, ubahlah nomor telepon dengan awalan kode 62. Selanjutnya, ubahlah awalan kode 62 menjadi 0. Kemudian, kliklah “ubah profil” dan ubahlah kembali ke awalan kode 62. Lalu klik “ubah profil” lagi dan cobalah akses menu e-filing kembali.

Jika terjadi kegagalan Registrasi padahal sudah mengklik Tautan Aktivasi, maka keadaan ini bisa disebabkan oleh koneksi atau sambungan internet yang sedang tak stabil.  Untuk itu, cobalah lakukan permintaan kirim ulang tautan aktivasi kembali yang ada pada halaman DJP Online, kemudian kliklah Kirim Link Aktivasi.

Jika Anda membutuhkan bantuan lebih lengkap tentang lapor SPT online, Anda bisa menghubungi ISBConsultant sebagai jasa konsultan pajak Solo yang telah berpengalaman dan memiliki tim akuntansi bersertifikasi resmi di bidang perpajakan.

Kode Verifikasi Salah atau Tidak Sesuai

Anda harus bisa memastikan kembali apakah server code yang tertera pada halaman website DJP Online sama dengan yang ada di email. Kemudian, periksalah email terbaru dan pastikanlah kembali jika server code yang ada sama persis. Jika ada kode yang masih berbeda, maka lakukanlah permintaan kirim ulang kode verifikasi.

Tidak Dapat Login Menggunakan Alamat Email

Jika Anda tidak bisa login menggunakan email yang sudah didaftarkan. Maka cobalah untuk melakukan login dengan menggunakan nomor telepon yang sudah didaftarkan dan memasukkan password yang sesuai.

Solusi Jika Lupa Password Akun SPT Online

Anda tidak perlu lagi cemas dan panik jika mengalami keadaan seperti ini. Anda bisa mencoba dengan menggunakan fitur lupa ganti password yang ada pada halaman DJP Online.

  • Pertama, periksalah Kelengkapan Dokumen Sebelum Lapor. Untuk Wajib Pajak Orang Pribadi (WP OP) harus mengisi Formulir SPT 1770S, dibawah ini:
  • Lampiran I Pada Bagian C: daftar Pemungutan atau Pemotongan PPh oleh Pihak Lain dan PPh yang akan ditanggung Pemerintah. 
  • Lampiran II Pada Bagian B: harta yang ada pada Akhir Tahun. Notifikasi yang error akan muncul pada saat Wajib Pajak dalam meminta kode verifikasi pengiriman SPT. Apabila WP belum mengisi semua kolom pada kedua bagian di atas secara benar dan lengkap.
  • Jika nama tak nampak padahal NPWP Pemberi Kerja atau Bendahara sudah diisi, maka cobalah hapus Surat pemberitahuan (SPT) Anda, lalu logout dari akun DJP Online dan langsung login kembali.
  • Jika ID Billing Tidak Muncul
Baca juga:  Bagaimana Cara Print SPT Tahunan Agar Tidak Terpotong?

Jika Anda sudah selesai melengkapi dan menyimpan form Surat Setoran Elektronik (SSE), maka akan muncul pula halaman PDF ID Billing. Namun, jika ID Billing tidak muncul, cobalah untuk mematikan pop up blocker pada browser yang sudah digunakan.

  • Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) Tak Nampak

Jika Anda sudah selesai melakukan lapor SPT Online, maka selanjutnya akan menerima Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) secara otomatis. Namun, apabila Bukti Penerimaan Elektronik tak kunjung muncul, maka cobalah periksa kembali menu e-filing. 

Jika Bukti Penerimaan elektronik sudah muncul, berarti pelaporan pajak Anda sudah masuk.